Monday, December 26, 2016

Sambut 2017 Dengan Harapan Dan Mimpi Baru


Assalamualaikum...

Tidak terasa ya, sebentar lagi tahun 2016 berakhir dan akan digantikan oleh tahun 2017. Padahal baru kemarin rasanya aku bingung mau kemana saat pergantian malam tahun baru 2016 (setiap tahun begitu, padahal ujung-ujungnya cuma tidur di rumah), rasanya baru kemarin aku naik gunung lagi tepat di bulan tiga saat gerhana matahari, rasanya baru kemarin merayakan april mop (hari ulang tahunku) dan rasanya baru kemarin aku melihat pengumuman bahwa aku menjadi juara tiga event menulis yang diadakan oleh MyWapBlog.


Sekaligus menerima kenyataan pahit setelah Mr. Arvind Gupta mengumumkan menghapus MyWapBlog untuk selamanya *tisyu mana tisyu.

Kini aku memulai semuanya dari awal, kembali ke blogspot dan secara perlahan membangun blog ini. Seperti beberapa hari lagi kita semua juga akan kembali ke titik awal, memulai langkah menyongsong tahun 2017 dengan harapan baru. Kita tinggalkan 2016 bersama kenangan-kenangannya dan harapan yang mungkin saja belum terpenuhi. Seperti aku yang sedikit menyesali tahun ini begitu cepat berlalu. Ada beberapa hal yang belum aku capai dan sekarang harus tutup buku karena aku sudah sampai pada penghabisan.

Tapi sebenarnya tidak ada kata habis dalam sebuah harapan, mungkin aku bisa memulainya dari awal di tahun depan. Dengan belajar dari pengalaman di tahun ini. Bahwa aku harus mulai bernegosiasi dengan waktu.

Kalau untuk resolusi tahun 2017 sebenarnya impianku tidak terlalu banyak dan muluk-muluk. Bahkan beberapa masih berhubungan dengan mimpi di tahun ini yang belum terselesaikan.

Dimulai dari yang paling sederhana resolusiku untuk tahun 2017 adalah mengenai blog ini. Dibuat pada awal bulan Oktober lalu, setelah MyWapBlog mengumumkan penutupannya pada 10 November silam. Sebenarnya aku bukan orang baru di Blogspot. Aku sudah pernah memiliki blog di Blogspot pada tahun 2011, namun terpaksa aku hapus kalau tidak salah di bulan Mei 2016 karena ingin fokus ngeblog di MyWapBlog. Sehingga ketika MyWapBlog memutuskan untuk menutup layanannya, aku seperti CLBK dengan Blogspot. Dibantu oleh Bryan Suryanto sahabatku yang merupakan blogger terkeren yang pernah aku kenal, aku kembali membangun blog ini dari awal.

Jadi resolusi pertamaku di tahun 2017 ini adalah:

1. Mendaftar Google Adsense
Mungkin hampir semua blogger ingin mendaftarkan blognya ke google adsense. Begitu pula dengan aku, entah kenapa setelah sekian lama ngeblog baru kepikiran untuk mendaftarkan blogku di google adsense. Keinginan itupun juga nggak tau datangnya dari mana. Pokoknya yang aku tau, tahun depan aku sudah harus mendaftarkan blogku pada google adsense. Kenapa harus tahun depan? Kenapa nggak sekarang? Karena blogku masih berusia 2bulanan, jadi mungkin pertengahan bulan April tahun depan aku baru bisa mendaftarkan blogku pada google adsense setelah usia blogku genap 6 bulan.

Selain itu tahun depan sepertinya aku ingin mengisi blogku dengan kategori baru, setelah awalnya aku hanya berniat mengisi blogku dengan cerpen tapi ketika melihat review tempat makan dan wisata kuliner ala embem eh maksudnya mbak Gustyanita Pratiwi aku kepikiran ingin bikin juga. Nantinya kategori ini akan jadi satu dengan review wisata alam dan tempat nongkrong asyik di sekitaran Banyuwangi. Karena aku dan Riska hobi berwisata kuliner setiap akhir pekan atau mencoba tempat makan dan tempat nongkrong baru setiap bulan jadi kenapa tidak jika aku menuangkan dan membaginya di blog ini. Tapi harus belajar fotografi dulu, aku payah kalau untuk masalah fotografi. Atau mungkin nanti minta tolong sama Riska aja buat jadi fotografernya hehehe.


Lalu mimpiku selanjutnya berkaitan dengan hobiku. Yup menulis. Sudah lama sekali aku menggeluti hobi ini, meskipun pernah mengalami pasang surut hingga nyaris satu tahun berhenti menulis dengan berbagai alasan. Sibuk, nggak ada waktu, nggak ada inspirasi dan bla bla bla.



Yang lebih masuk akal sebagai alasan kenapa kita gagal menulis adalah tidak adanya kemauan yang kuat, bukan masalah waktu



Jadi semua tergantung dengan kemauan kita bukan soal waktu. Waktu bisa dinegosiasi dan bisa diajak kompromi asal ada kemauan kuat. Sementara ini aku sedang berkompromi dengan waktu, meski sulit karena tugas semakin hari semakin menumpuk. Hampir tidak ada waktu. Itu sebabnya terkadang aku telat berkunjung ke blog kalian. Maaf ya maaf... Padahal sejak awal tahun 2016 ini aku sudah berjanji dan berkomitmen pada diri sendiri untuk tidak berhenti menulis. Setiap hari harus menulis meskipun cuma dua paragraft pokoknya nggak berhenti menulis.

Nah, untuk Resolusi keduaku di tahun 2017 adalah:

2. Menerbitkan buku




Siapa sih, yang nggak mau menerbitkan bukunya sendiri? Bagi setiap orang yang hobi menulis pasti impian kecilnya adalah bisa menerbitkan buku suatu hari nanti. Itupun menjadi mimpiku di tahun depan. Meskipun awalnya aku nyantai saja dengan hobiku ini, nggak pernah terlalu berambisi karena bagiku ada yang membaca tulisanku saja sudah syukur alhamdulillah... Sejak dulu aku tidak pernah terlalu ngoyo untuk dapat menerbitkan buku, aku hanya menyukai kegiatan menulis dan menjadikan blog sebagai media berbagi, tidak pernah tepikirkan apalagi sampai memacu diri sendiri untuk dapat menerbitkan buku. Tapi entah kenapa tiba-tiba muncul keinginan dari diri sendiri, melihat teman-teman seperjuangan yang berhasil mewujudkan mimpinya dengan menjadi seorang penulis. Kenapa tidak aku mengikuti langkah mereka. Sembari mengukur kemampuanku dalam bidang menulis (yeah meskipun masih harus banyak belajar), dengan begitu kan aku bisa bertemu dengan banyak orang dan menggali ilmu dari mereka.

Yeah siapa tau suatu hari nanti aku bisa menerbitkan bukuku sendiri seperti mbak Wahyu Widyaningrum dan mengadakan Give Away di blog ini, hadiahnya tentu bukuku sendiri hehehe. Itu sebabnya aku mulai rajin ikut lomba atau event yang diadakan oleh penerbit baik penerbit besar maupun penerbit indie.

Doakan ya, semoga tahun ini bisa.


Kemudian mimpi berikutnya berkaitan dengan bidang usaha. Rencananya tahun depan aku bersama Riska (lagi-lagi Riska) ingin membangun sebuah brand hijab yang kami beri nama Tarisa Fashion Hijab.

Resolusi ketigaku di tahun 2017 adalah:
3. Mendirikan brand hijab sendiri

Berbekal pengalamanku saat mendirikan Arifa Stuff yang aku kelola bersama dua sahabat Fajar dan Mbak Rida di awal tahun 2014 silam. Saat itu kami memang sedang tidak memiliki kesibukan, lalu terbersit ide untuk mendirikan online shop yang berbasis dropshiper, yeah karena saat itu kami nggak punya modal blas. Kami hanya mengumpulkan beberapa online shop yang menerima dropshiper, jadi kami menjualkan barang mereka kembali dengan harga 20% lebih tinggi, tanpa ada resiko sama sekali. Waktu itu lumayan jalan sih, sekitar 1 tahunan. Keuntungannya pun lumayanlah walaupun setelah dibagi bertiga hanya cukup buat beli kuota tiap bulannya. Tapi sayang, setelah kami punya kesibukan masing-masing, Arifa Stuff berhenti di tengah jalan.



Itu sebabnya Riska menggandengku untuk menjadi bagian marketing dengan pengalamanku di Arifa Stuff sementara dia mendapat tugas sebagai designer. Terus terang aku tidak mengerti sama sekali tentang design.

Berbeda dengan Arifa Stuff yang menjual barang orang lain, Tarisa Fashion Hijab rencananya akan menciptakan barangnya dan brandnya sendiri. Mungkin awalnya kami hanya akan membuat krudung syar'i dan beberapa model krudung atau hijab lainnya. Jika kami mendapat respon positif baru kami akan membuat baju muslim dan mukena juga untuk menambah koleksi kami. Masih belum yakin nanti apakah akan membuat koleksi untuk pria juga.

Persiapannya sih sudah lumayan yah. Aku juga sedang proses membuat logo untuk brandnya.



Mudah-mudahan produk kami sudah bisa launching bulan Februari tahun depan.



Mimpiku selanjutnya. Cliing...


Queen Elsa "Let it go... Let it go...


Bukan bukan...

Resolusi keempatku di tahun 2017 adalah:
4. Menjejakkan kaki di puncak Semeru


Semenjak merasakan pengalaman pertama kali menaiki puncak gunung Kawah Ijen dua tahun lalu, saat itu yang aku rasakan adalah capek, dingin, lelah, letih, lesu dan lunglai. Lalu aku bersumpah.

Poko'e aku moh munggah Ijen neh." Itu artinya apa? *buka kamus Spanyol dulu. "Om Telolet Om."



Hadeh, bukan... bukan... Itu artinya aku nggak mau naik ke gunung Ijen lagi. Pokoknya nggak mau.

Mendaki gunung Ijen di bulan Agustus 2014 Posenya agak gimana gitu ya, soalnya kita lagi memperhatikan Putri dan Mas Jubex yang lagi berdebat. Hadeh sempet-sempetnya mereka berdebat di sana. Nggak bisa cari tempat lain apa.

Setelah mengikrarkan sumpah serapah bahwa aku nggak akan pernah mendaki gunung lagi, tapi ternyata... Jeng... Jeng... Jeng...


Maret 2016

Aku kembali menginjakkan kaki di puncak gunung Ijen.


Meskipun harus kedinginan


Capek di perjalanan


Tapi kami senang



Lalu terbersit keinginan untuk dapat menjejakkan kaki di puncak tertinggi pulau Jawa. Puncak Mahameru. Kalau bisa sih, sambil ngegandeng seseorang (yang penting jangan Putri atau Riska) melewati Ranu Kumbolo yang punya mitos termasyur tentang cinta. Hmmm kapan ya...

Izinnya Gi susah.

Nah, itu dia masalahnya. Aku lagi memproses proposal tentang keinginanku untuk bisa menapaki Semeru, semoga saja diterima sama Ibu. Waktu pertama kali minta izin naik Kawah Ijen aja susahnya setengah mampus. Apalagi harus ke luar kota, jauh dari jangkauannya.

"Pergi sama siapa? Naik apa? Berapa hari? Ntar di sana siapa yang jagain? Kalau ada orang jahat gimana? Dibius trus diapa-apain trus dimutilasi."

Oh No... Ibu memang paranoid sekali.

Mudah-mudahan setelah melaui april mop dan tau usia anaknya bertambah Ibu bisa memberiku SIM (surat izin mendaki) Semeru. Semoga...



Berikutnya Resolusi kelima untuk tahun 2017 adalah...

Jeng... Jeng... Jeng...

5. Kawin uhuk salah Menikah

Ketularan Om Riza Alhusna nih, kayanya. Mendadak otakku jadi sedikit terganggu. Entah kenapa tiba-tiba Riska mengatakan sudah saatnya aku menikah. Apalagi waktu aku curhat soal mantan. Oh so sad... Menurutnya itu tanda-tanda bahwa aku sudah siap untuk menikah. Really?

Nggak mau dong kalah sama Riska yang persiapan pernikahannya sudah 90%, yang 10% lagi tinggal nunggu jodoh pletakk.

Makanya aku juga memasukkan Nikah ke dalam resolusi tahun 2017. Walaupun yah status masih jomblo jomblo aja gubrakk.


Tapi apapun bisa terjadi kan, yang penting usaha dan doa jangan sampai lupa.

Tahun depan mendaftar google adsense, nerbitin buku, launching usaha baru, naik semeru dan ciye ciye... Nikah.

Semangat... Semangat... Semangat...


Nah, itu dia #Resolusiku2017 kalau resolusi teman-teman apa?



Tulisan ini diikutkan dalam Hidayah-Art First Giveaway "Resolusi Tahun 2017 Yang Paling Ingin Saya Wujudkan" yang diadakan oleh www.hidayah-art.com buat kalian yang tertarik untuk ikut serta GA ini, kalian bisa cek infonya di sini ya #FirstGiveAway Resolusi Tahun 2017 Yang Paling Ingin Saya Wujudkan 

Ada berbagai hadiah menarik yang bisa kalian dapatkan. Aku yakin kalian pasti tergiur sama hadiahnya, termasuk Ibuku yang semangat banget waktu aku bilang lagi ikut event nulis di blog yang berhadiah Tupperware

Jangan lupa ya, deadlinenya sampai tanggal 10 Januari 2017. Yuk, buruan ikutan.

Artikel Terkait

Sambut 2017 Dengan Harapan Dan Mimpi Baru
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

35 komentar

December 27, 2016 at 2:05 AM delete

Jangan lupa nanti kalo udah dapet duit dari adsense saya dibagi. Okeh?

Okeehhhhh

*tanya sendiri jawab sendiri*

Reply
avatar
December 27, 2016 at 5:23 AM delete

Aamiin..
Semoga harapannya cepat terkabul.
Poko'e sing penting dilakoni wae..!
Maju terus, buka kategori baru juga bagus, seperti tips hijab atau travling.
Never give up lah..
2017 sudah didepan mata!
Gambate..gambate..gambate..!

Reply
avatar
December 27, 2016 at 6:21 AM delete

semoga bakal terwujud dah target2 yang sudah ditentukan untuk tahun yang akan datang, yang tinggal menunggu beberapa hari lagi.
dan kayaknya resolusi nomor 1 akan terwujud tuh soalnya blog ini menurutku cukup untuk didaftarkan ke google adsense cman hanya masalah waktu saja kayaknya ya,

Reply
avatar
December 27, 2016 at 7:03 PM delete

semangat yak buat gapai resolusinya. kalau saya udah menyerah di GA, ditolak mulu padahal udah banyak lakukan perubahan di blog. finally let it go.

sekarang blog saya fokus ke review dan tips, tahun depan niat-in ngebranding blog selesai sebagai blog review n kontes.

wew, kok resolusi yang terakhir sama yak... saya juga tinggal nyari jodoh. yang lain nya udah siappp. kita jodoh ga?

Reply
avatar
December 27, 2016 at 7:39 PM delete

yey sudah beberapa blog pagi ini isinya tentang resolusi, ok semoga tercapai dan makin sukses ya

Resolusiku hem apa ya? Banyak sih tapi yang menjadi prioritas tetap pada memperbaiki akhlak ingin beribadah ke Tanah Suci Mekah, apakah ini terkesan muluk?

Reply
avatar
December 27, 2016 at 7:51 PM delete

sedemikian tercatatnya perjalanan setahun ini ya, maka sepantasnya jika mimpi untuk tahun depan kudu udah mulai di rajut dong ah

Reply
avatar
December 27, 2016 at 11:02 PM delete

aamiin, aaamiin, semoga apa yang dicatat disini untuk tahun depan, di ijabah sang rabb :)

Reply
avatar
December 28, 2016 at 12:57 AM delete

Hebatt nih mba eva juara event MyWapBlog
kerenn....

Reply
avatar
December 28, 2016 at 5:18 AM delete

Amin, moga tercapai semua keinginannya ya Mbak dan brand hijabnya bener2 terkabul, amin, amin ya robbal alamin :)

Reply
avatar
December 28, 2016 at 7:26 AM delete

Belum juga daftar adsense udah dipalak duluan :D

Reply
avatar
December 28, 2016 at 7:32 AM delete

Aamiin...
Yup bener banget tuh. Alon alon sing penting tetap berikhtiar dan doanya jangan lupa. Gambate :)

Reply
avatar
December 28, 2016 at 7:34 AM delete

Aamiin... Semoga ya sekali daftar langsung diterima :)

Reply
avatar
December 28, 2016 at 7:35 AM delete

Hmmm kira-kira jodoh nggak ya? Biar waktu yang menjawab haha

Reply
avatar
December 28, 2016 at 7:37 AM delete

Tahun 2017 udah tinggal ngitung hari lagi sih hehe

Nggak ada yang muluk-muluk selama kita ada ikhtiar untuk mewujudkannya mbak. Semoga terkabul ya...

Reply
avatar
December 28, 2016 at 7:38 AM delete

Ya... Karena nggak mudah melepaskan tahun ini tp walau gimanapun harus mulai merajut mimpi dan harapan baru.

Reply
avatar
December 28, 2016 at 7:40 AM delete

Aamiin... Ya rabbal 'alamin...
Semoga harapan kita semua untuk tahun depan tercapai dan semoga tahun depan kita lebih baik dari tahun ini.

Reply
avatar
December 28, 2016 at 7:43 AM delete

Aamiin ya rabbal 'alamin... Terimakasih doanya mbak :)

Reply
avatar
December 28, 2016 at 1:19 PM delete

Halo, slam kenal ya. Apa dr Banyuwangi? Sya tgal di Banyuwangi soalnya.

Wah, resolusi yg mengagumkan, khusunya yg membuat usaha bersama dlm fashion. Sepertinya persiapannya matang mnju k sana. Good luck y!

Sprtinya dekat skli dg ibunya ya. Mbaca tulisan pean pgn ketwa. Mbaknya mnggambarkan sosok ibu dg lucu he apalgi yg bagian Tupperwer.

Reply
avatar
December 28, 2016 at 4:28 PM delete

eh daftar adsense kayanya susah deh, dulu aku pernah daftar tapi gak pernah diterima, tapi gak tau mungkin artikel post ku yg gak begitu berkualitas, :D,

resolusi tabun 2017 ini juga menikah dan punya pacar, capek juga tiap lebaran ditanyain kapan nikah terus ..:D

Reply
avatar
December 28, 2016 at 8:35 PM delete

sangat harus atuh, supaya semangat terus tumbuh dalam menjalani hidup dan kehidupan yang terus berlanjut ini, tentu dengan menjadi sosok yang lebih baik dari tahun ini atuh ih

Reply
avatar
December 28, 2016 at 8:54 PM delete

Semoga semua keinginanmu tercapai yaaaa... Amin.

Reply
avatar
December 28, 2016 at 11:16 PM delete

aamiin, yaa robbalallamin mbak fara

Reply
avatar
December 29, 2016 at 5:03 AM delete

Menerbitkan buku, itu yang aku tunggu ya ? Tidak perlu g ive way segala, nanti aku bantu mempromosikannya dan aku yang akan menjadi pembeli pertama.
MWP, sungguh disayangkan..ya begitulah. Persaingan layanan aplikasi yang begitu hebatnya. Google masih menjadi rajanya.

Reply
avatar
December 29, 2016 at 5:04 AM delete

Jangan lupa aku dibagi juga, Aku yang sudah daftar dan diterima harus terpaksa kena banded. GA tidak bisa diandalkan selamanya.

Reply
avatar
December 29, 2016 at 5:07 AM delete

Fashion hijabnya boleh tu, aku diajak kerja sama. Biar kebeli juga kuoata internetku.

Reply
avatar
December 29, 2016 at 6:39 AM delete

Semoga semua targetnya di tahun 2017 ini bisa terwujud semua.
Aamiin...

Kalau udah sukses jangan lupa sama Om ya. Haha

Reply
avatar
December 30, 2016 at 6:30 PM delete

aku si yang penting segalanya jadi lebih baik deh, kebiasaan buruk bisa ditinggalin hehe
semoga resolusi di tahun 2017 nya bisa tercapai semua ya mba ^^

Reply
avatar
December 30, 2016 at 11:17 PM delete

Smoga tercapai ya nggi mimpi2nya
Aku mlh pengen daftar google adsense tapi kena blogger copas pas kpn tau jd mls karena ada yg duplikat artikelku, takute google adsense nolak huhu

Reply
avatar
December 31, 2016 at 8:34 PM delete

Semoga semuanya tercapai ya mbakkk. Kalo brand hijab nya udah launching jangan lupa promosiin ke kita2 🙌

Reply
avatar
January 2, 2017 at 8:42 PM delete

Waaahhh, keren resolusinya, moga terwujud yaa, aamiin.

Makasih udah ikutan GA aku ya, moga sukses :D

Reply
avatar
January 10, 2017 at 4:16 PM delete

Adsense pun aku sudah melupakannya. Bolak balik ditolak, sempet diterima pas thn 2014.. Eh, belum setahun udah diblok.

Horeeeee.. Ada temen yg resolusinya menikah juga... Wkwkwkkwkwkwkw.. Ayo cari jodoh...


Good luck ya, mbak.. Semoga mimpimu terwujud :)

Reply
avatar
January 16, 2017 at 8:46 PM delete

Let it Flow, hehehee... moga terwujud resolusinya, makin sukses ya. Makasih udah ikutan GA aku :)

Reply
avatar